Page

Minggu, 25 November 2012

WANITA TERCANTIK




 
 Ukhti, masih pada ingat nggak kisah Penyihir Jahat dalam cerita Snow White? Penyihir bertubuh ramping, berbibir tipis dengan jemari yang sangat lentik dan berkuku tajam? Dengan hidungnya yang terlalu mancung, membuatnya menjadi bukan hanya cantik tetapi sekaligus menyeramkan haha,.., 

Berkali kali penyihir bertanya kepada cermin, ”Wahai cermin, cerminku yang ajaib. Siapakah wanita tercantik di dunia ini?” Jawab cermin yang agak ketakutan, ”Dulu memang kamu, tapi sekarang ssssssnooww white hffhhhp..... Desis cermin khawatir dirinya pecah terkena pukulan Si Penyihir Jahat.

Ukhti yang aku sayangi karena Allah, sebenarnya siapakah wanita tercantik di dunia ini? Kita chek and richek dulu yuk Jawaban-jawaban media menampilkan sosok wanita yang tercantik itu seperti apa.  


Hampir semua media dan orang orang di dunia ini sepakat kalo wanita tercantik itu  adalah wanita yang memiliki tubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan pirang, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar. 


Subhanallah bila melihat bagaimana kita di Indonesia dengan kulit sawo matang yang ada dimana mana, dan hampir bisa dipastikan bahwa sebagai wanita berkulit sawo matang, akan mengundurkan diri dari balik cermin Si Penyihir. Ckckck . Nggak heran kenapa  banyak nenek-nenek, ibu-ibu, cewek-cewek bahkan akhwat-akhwat yang ngaku solihah rajin berburu kosmetik pemutih. Bahkan ada yang rela operasi plastic demi mendapatkan wajah baru yang di idam idamkan. Itu semua tidak lain karena mindset alias pemikiran mereka sudah terasuki mindset media bahwa wanita cantik adalah wanita yang kulitnya putih, bertubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan hitam berkilau, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar. 

Seandainya, Kita tidak termasuk dalam  kriteria wanita tercantik itu. Kita nantinya bakal  menggunakan cream pemutih wajah, jamu peramping perut dan conditioner herbal penumbuh rambut agar panjang dan hitam berkilau. 

Tahu nggak ukhti, perbuatan ini akan membuat kita sebagai wanita menjadi tidak percaya diri terhadap inner beauty yang telah ALLOH berikan pada kita sejak lahir, dan akan menunjukkan auranya ketika sudah mencapai akil baligh. 

Memang dunia sudah edan kalau ditanya siapakah wanita yang tercantik atau dianggap cantik di muka bumi ini? Maka sudah pasti akan terdengar jawaban yang kompak bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang berkulit putih, tinggi semampai, dan rambut pirang kecoklatan, berbaju sexy terbuka, memperlihatkan aurat yang harusnya ditutupi dan menjadikan semua terbuka agar semakin nampak kecantikannya. Apabila telah terpilih sebagai wanita tercantik di seluruh dunia, maka semua wanita akan berlomba untuk mengikuti gaya dan penampilan sang wanita tercantik di seluruh dunia ini. Inilah persepsi yang ditanamkan media, dengan dipelopori dunia barat. Naudzubillah,…

Bila kondisi si wanita tidak memiliki kulit putih, tidak bertubuh ramping dan tidak berambut panjang, maka dengan wajah malu dan rupa minder sang wanita beranjak ke belakang dan merasa dirinya buruk. Masya ALLOH...

Ukhti yang aku sayangi karena Allah, janganlah kalian terjebak dengan hal hal yang seperti itu. Bukankah sudah sangat jelas Allah berfirman dalam Al-Qur’an dikatakan bahwa ALLOH menciptakan manusia dengan sebaik baik bentuk : “Laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim” artinya : "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." ( Qs. 95 : 4 ). 

Ukhti yang aku sayangi karena Allah, yakinlah bahwa anda cantik. Ukhti memiliki kecantikan dan kelebihan yang tidak diberikan Allah SWT kepada orang lain. Allah maha adil, Dia tidak memberikan kepada setiap orang segala sesuatu dari orang lain. Allah selalu membagi seluruh nikmat kepada hamba hamba-Nya secara adil.  Karena itu, yakinlah bahwa ukhti memiliki kelebihan itu, mungkin dalam keindahan mata, bibir yang tebal atau tipis, bahkan mungkin dengan kenyamanan orang lain bergaul dengan ukhti.

Yakinlah bahwa ukhti terlahir dengan cantik, sungguh sangat cantik. Terkadang ukhti tidak sadar jika sesungguhnya cantik, itu tidak lain karena mungkin ukhti tidak mengetahui seluruh bentuk kecantikan, atau ukhti tidak ikhlas menerima keadaan diri ukhti sendiri, atau bahkan ukhti tidak mengetahui bagaimana dan kapan ukhti harus memperlihatkan kecantikan ukhti.


Ukhti, setiap bunga itu indah ukhti, janganlah kita mempersempit pandangan kita, kecantikan kita tidak hanya pada satu macam. Tidak seperti definisi kecantikan dari media, dan iklan iklan kecantikan yang selama ini digembor gemborkan. Bunga bunga itu indah dengan segala bentuknya  begitu juga dengan anda ukhti. 
Macam- macam kecantikan :

1. kecantikan jiwa dan hati, 
2. kecantikan pikiran dan akal, 
3. kecantikan wajah dan tubuh.

Kecantikan jiwa dan hati adalah kecantikan yang paling penting, karena akan memberikan kecantikan abadi bagi pemiliknya yang tidak akan pernah lapuk dimakan usia. Kecantikan jiwa yang dengan segala kebaikan dengan berbagai macam bentuknya., seperti mendekatkan diri kepada Allah, suka berbuat baik kepada orang lain, memiliki perangai/sikap luhur, lidah yang selalu mengucapkan perkatan baik, hati yang selalu membawa kebaikan kepada orang lain, dan selalu berprasangka baik terhadap lingkungan sekitar. Kecantikan semacam ini bisa anda peroleh dan bisa dipelajari dan ini termasuk kedalam kecantikan yang hakiki.

Kecantikan pikiran dan akal. Kecantikan ini penting untuk diketahui. Pemilikya adalah mereka yang memiliki sifat cerdas, kreatif dan inovatif , bisa mengaplikasikan pemikiran dengan benar, bijak dalam mengambil keputusaan, dan tepat dalam bertindak. Kacantikan semacam ini memberikan khas kepada pemiliknya dan melindungi pemiliknya dari sifat ceroboh serta menjauhkan diri dari kebencian orang lain.

Kecantikan wajah dan tubuh adalah kecantikan yang merupakan anugrah dari Allah SWT. Kecantikan jenis ini tidaklah abadi, berbeda dengan kedua jenis kecantikan di atas, bekasnya pun cepat hilang jika tidak didukung oleh obat obat dan alat-alat kecantikan. Pernahkah ukhti menjumpai seorang wanita yang sangat cantik, tapi orang malah menjauhinya setelah mengetahui sifat  buruknya sepereti sombong atau egois. Ya itulah tanda jika yang paling utama adalah kecantikan hati dan jiwa. 

Ukhti yang aku sayangi karena Allah Kita adalah wanita tercantik dengan kecantikan jiwa dan hati mempesona, kecantikan pikiran dan akal nan menawan, serta kecantikan fisik yang Subhanallah. Mari kita beri warna yang indah pada dunia dengan kecantikan kita. 
Tri Utami  (TIM GAUL FRESH Akhwat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar